Pelajari Resep Membuat Coklat Macaron yang Lembut dan Lezat

Pelajari Resep Membuat Coklat Macaron yang Lembut dan Lezat – Pada dasarnya macaron merupakan dessert yang lezat untuk dapat di nikmati banyak orang yang. Makanan ini berasal dari Prancis.Pada dasarnya macaron memiliki tekstur yang lembut.

Macaron juga cocok dijadikan hadiah manis untuk orang-orang tersayang. Apalagi jika kamu sendiri yang membuatnya, pasti menambah kesan spesial. Kamu pun bisa membuat macaron cokelat yang beda dari yang lain. Caranya pun tidak terlalu sulit, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pelajari Resep Membuat Coklat Macaron yang Lembut dan Lezat
Bahan yang perlu disiapkan 
Bahan macaron:

1 1/4 mangkuk tepung almond
3/4 mangkuk gula halus
1 sendok bubuk cocoa
2 sampai 3 butir putih telur
1/4 sendok teh krim tartar
1/3 mangkuk gula pasir
Bahan filling:

1/2 mangkuk heavy cream
3/4 mangkuk cokelat yang sudah dilelehkan

 

Membuat isian macaron 
Langkah pertama untuk membuat filling macaron adalah memanaskan heavy cream selama 5 menit menggunakan hoogwaterhuis api medium. Setelah itu, tambahkan cokelat yang sudah dilelehkan atau choco chips.

Aduk kedua bahan sampai tercampur rata dan berubah menjadi warna cokelat. Diamkan filling sampai bersuhu ruangan lalu masukkan ke dalam piping bag.

Kocok putih telur menggunakan mixer 
Selanjutnya, kocok dua sampai tiga butir putih telur menggunakan mixer selama 2 menit atau sampai terlihat ada busa. Tambahkan seperempat sendok teh krim tartar dan lanjutkan mengocok putih telur.

Perlahan tuangkan sepertiga mangkuk gula putih dan kocok kembali selama 3 menit. Matikan mixer ketika adonan putih telur sudah mengembang.

Saring bahan-bahan kering 
Sebelum membuat meringue, saring tepung almond, gula halus dan bubuk cocoa. Lalu, campurkan bahan yang sudah disaring dengan adonan putih telur. Aduk sampai semua bahan tercampur rata menggunakan spatula. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan adonan meringue ke dalam piping bag.

Siapkan loyang atau cetakan macaron 
Tuang adonan melalui piping bag ke dalam loyang atau cetakan macaron. Usahakan semua bentuknya sama besar agar memudahkan memasangkannya. Sedikit goyangkan loyang agar tidak ada gelembung dalam adonan. Diamkan selama 30 sampai 40 menit lalu panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama 13 menit.

Setelah meringue matang, diamkan sebentar dan lepaskan dari loyang. Setelah itu, pasangkan dua meringue yang bentuknya hampir sama agar tampilannya lebih cantik.

Tambahkan filling cokelat 
Filling yang sudah dimasukkan ke dalam piping bag tadi tuangkan ke dalam meringue. Usahakan agar filling sama rata, tidak terlalu banyak maupun sedikit. Setelah itu, tutup dengan meringue yang sudah kamu pasang-pasangkan tadi.

Letakkan macaron ke dalam wadah dan taruh di kulkas selama semaalaman atau kurang lebih 12 jam. Cara ini berguna untuk membuat macaron bertesktur lembut. Akhirnya, macaron cokelat pun siap dinikmati maupun menjadi kado spesial untuk orang tercinta.