Budaya Indonesia Yang Banyak Dan Menarik

Budaya Indonesia Yang Banyak Dan Menarik

inforom-culutral.org Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Budaya Indonesia Yang Banyak Dan Menarik. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Budaya Indonesia Yang Banyak Dan Menarik

1. Bhinekka Tunggal Ika
Ini adalah sebuah prinsip yang dijalankan oleh bangsa Indonesia. Dimana keragaman etnis, suku, budaya, dan juga agama bukanlah penghalang bagi masyarakat Indonesia untuk bersatu dan juga saling menghormati satu sama lain. Rasa toleransi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah warna kesatuan bangsa Indonesia. Bhinekka tunggal ika adalah semboyan yang sudah dipegang oleh masyarakat guna merekatkan seluruh masyarakat Indonesia ditengah keberagaman. Bahkan negara Indonesia sering mendapatkan sanjungan dari negara lain karena bisa tetap berjalan beriringan ditengah banyak perbedaan budaya di antara masyarakatnya.

2. Batik
Batik adalah salah satu dari bagian budaya Indonesia dalam bidang seni melukis di atas kain. Kain batik saat ini telah berinovasi menjadi berbagai model pakaian yang menyesuaikan dengan fashion modern. Tapi kesan klasik dari batik tetap bisa menunjukkan ciri khas Indonesia saat digunakan oleh siapapun. Batik sendiri pernah di klaim oleh negara lain, dari sanalah masyarakat Indonesia belajar untuk mau melestarikan warisan nenek moyang Indonesia ini. Namun syukurlah kini batik resmi telah menjadi budaya Indonesia yang diakui oleh dunia.

3. Berkumpul Bersama Keluarga di Hari Raya
Budaya Indonesia yang selanjutnya adalah berkumpul bersama keluarga di hari raya baik itu hari raya Idul fitri ataupun hari raya lainnya. Biasanya di hari raya idul fitri semua keluarga akan berkumpul dan menghabiskan waktu mereka untuk mengobrol dan bertukar pikiran. Hal yang paling ditunggu-tunggu disaat berkumpul bersama keluarga di hari raya adalah acara makan yang dilakukan oleh semua keluarga besar. Ini bertujuan untuk membangun silaturahmi diantara seluruh anggota keluaga maupun tetangga di hari raya yang mungkin tidak bisa dilakukan di hari biasa. Biasanya momen hari raya di Indonesia adalah hari yang menyenangkan karena bisa berkumpul bersama seluruh anggota keluarga.

4. Wayang
Orang Indonesia mana yang tidak mengenal wayang? Ya semua orang Indonesia tentu tahu dengan wayang yang merupakan salah satu budaya yang terkenal bahkan sampai ke seluruh dunia. Pertunjukan seni yang melibatkan beberapa boneka berbentuk pahlawan atau tokoh tertentu yang biasanya terbuat dari kayu ataupun kulit hewan ini disebut dengan sebutan wayang. Ada juga beberapa pertunjukkan yang menggunakan wayang orang dimana karakter dalam pertunjukkan dimainkan oleh manusia. Pertunjukkan ini dahulunya dimanfaatkan untuk menyebarkan agama juga untuk memberikan nasihat-nasihat baik pada masyarakat melalui cerita yang disajikan. Apakah kamu pernah menonton wayang?

5. Mudik
Wah salah satu budaya Indonesia ini pasti semua orang tahu ya! Mudik atau sering juga dikenal dengan istilah pulang kampung biasanya terjadi menjelang hari raya tiba, terutama hari raya lebaran atau idul fitri. Istilah mudik ini sering digunakan oleh para perantau ketika mereka akan pulang ke kampung halaman. Jika musim, mudik tiba biasanya akan terjadi kemacetan di beberapa kawasan di Indonesia karena semua orang bertujuan untuk merayakan hari raya ke kampung mereka masing-masing. Momen kemacetan saat mudik bukanlah hal yang aneh di Indonesia, tetapi tetap saja budaya ini masih tetap dilakukan hingga sekarang.

6. Makan Menggunakan Tangan
Beberapa budaya Indonesia juga sering dianggap unik oleh banyak orang terutama para turis asing yang sedang tinggal di Indonesia. Salah satu budaya unik yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia sehari-hari adalah makan dengan tangan. Mungkin menurut budaya di negara lain hal ini mengkin menjijikan, namun bagi orang Indonesia makan menggunakan tangan adalah cara mereka untuk menikmati makanan. Walaupun kini banyak orang yang beralih menggunakan sendok karena perkembangan zaman namun dijamin disetiap rumah masih ada sebagian orang di Indonesia yang menggunakan tangan saat mereka makan bahkan di restauran tertentu.

7. Tidak Pernah Lupa Makan Nasi
Ini adalah budaya Indonesia yang selanjutnya yang juga pasti dibenarkan oleh orang Indonesia. Orang Indonesia tidak akan merasa kenyang jika belum makan nasi. Bahkan ada orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dan sakit hanya karena tidak menemukan nasi untuk makan seharian. Nasi memang bahan pokok utama di Indonesia, jadi disaat dunia sedang dilanda krisis beras masyarakat Indonesia akan terkena imbasnya karena menu harian mereka yang tidak mereka lupakan adalah nasi. Sementara di negara lain mungkin karbohidrat bukanlah menu utama yang harus disajikan, mereka tidak menggunakan nasi sebagai makanan pokoknya melainkan menggunakan karbohirat lain seperti jagung, kentang, ataupun ubi.

Baca Juga :Budaya Bali Yang Bagian Dari Indonesia

8. Alat Kesenian yang Unik
Memiliki keragaman budaya, adat, dan suku membuat Indonesia dikaruniai beraneka ragam budaya yang berbeda salah satu adalah alat musik. Alat musik tradisional budaya Indonesia biasanya terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam sebut saja seperti angklung, gendang, calung, kecapi, dan masih banyak lagi. Bahkan diantaranya telah dikenal sebagai alat musik dari Indonesia yang sudah diakui oleh seluruh dunia. Menakjubkan bukan budaya kita?

9. Orang Indonesia itu Ramah
Para turis asing sangat senang berkunjung ke Indonesia karena mereka merasa bahwa orang Indonesia itu ramah dan baik hati bahkan pada orang yang tidak mereka kenal sekalipun. Orang Indonesia sering bersikap ramah apalagi pada orang yang baru di daerahya, bahkan jika beruntung orang Indonesia bisa mengajak dan memberikan banyak suguhan pada orang asing yang mereka anggap tamu. Untuk itu banyak sekali turis asing yang senang sekali tinggal disini karena masyarakatnya yang murah senyum dan juga murah hati.

10. Tarian Daerah yang Mendunia
Anda patut berbangga menjadi orang Indonesia karena beberapa tarian budaya Indonesia sudah banyak dikenal oleh dunia karena keunikannya. Sebut saja seperti Tari Kecak dari Bali ataupun Tari Saman dari Aceh, para wisatawan selalu ingin melihat tarian ini secara langsung ketika mereka ke Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa kita wajib untuk menjaga dan melestarikan budaya tari-tarian di Indonesia agar tidak musnah tergulung zaman. Kita patut bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman khususnya dalam bidang budaya seni tari daerah.